E Retailing


E Retailing

E-tailing merupakan kependekan dari elektronik retailing, yaitu pemanfaatan e-commerce untuk keperluan membuat toko eceran. E-tailing atau disebut juga e-retailing, penjualan barang eceran tanpa pertokoan. Keuntungan yang ditawarkan juga tidak perlu diragukan, konsumen tidak perlu repot ataupun menghabiskan waktu untuk berjalan mengunjungi pertokoan cukup menggunakan internet segala kebutuhan dapat terpenuhi.

a.       Model bisnis E Tailing
Klasifikasi E Tailing dapat didasarkan melalui macam saluran pendistribusiannya :
1.       Pemesanan / pengiriman barang / jasa melalui pos.
2.       Pemasaran online dari perusahaan manufaktur (computer)
a.       Pure-play etailers : produsen yang melakukan penjualan melalui internet tanpa menggunakan perantara agen fisik (proses, agen, dan produk digital)
b.       Click-and-mortar retailers : menggunakan baik proses digital maupun agen fisik.

b.       Barang-barang yang biasanya ditawarkan dalam etailing
Terdapat banyak sekali macam barang atau jasa yang ditawarkan dengan cara e retailing yang diantaranya :
a.       Travel
Konsumen dapat mengetahui informasi tentang paket-paket perjalanan atau wisata dan dapat memesan tiket langsung secara online
Contoh : airasia.com
b.       Fashion
Konsumen dapat mengetahui trend fashion terbaru dan dapat memesan secara online barang-barang fashion yang diinginkan.
c.       Book and music
Konsumen dapat mencari informasi tentang buku terbitan terbaru dan lagu-lagu baru yang ada. Konsumen dapat secara online memesan buku yang diinginkan melalui toko online yang ada. Konsumen juga bisa mendownload lagu-lagu yang diinginkan baik secara free ataupun premium
Contoh : www.gramediaonline.com dan beemp3.com
d.       Software
Konsumen dapat mengetahui pasar penjualan software yang ada dan melakukan pembelian secara online dan downloading.

Terdapat 4 konsep dasar model bisnis e-tailing yang dikemukanan oleh Calkins,yaitu :
1.       Chanel Support Adalah usaha-usaha untuk meningkatkan penjualan tambahan dengan cara memanfaatkan beberapa pengecer yang menggunakan internet untuk mendukung distribusi yang ada.
Contoh : toko kelontong
2.       Category Killer Adalah pengecer yang menawarkan kelengkapan untuk kategori yang bersangkutan meskipun sebenarnya spesialisasinya adalah pengencer untuk satu macam produk saja.
Contoh : Home Depot (home improvement), Toys R Us (mainan anak-anak), dan lain-lain.
3.       Auctioner , dikenal sebagai perusahaan yang melakukan transaksi lelang online. Pedagang melakukan  content (produk yang ditawarkan, informasi rinci, dan harga penawaran)
4.       Vertical portal , bisnis ini melibatkan beberapa merchant yang memiliki modal yang sangat kuat, merk yang terkenal, skala bisnis yang besar dan kredibilitas yang meyakinkan.
Contoh : www.pikenet.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Non-Store Retailing (Penjualan Tidak Melalui Toko)

Pengertian konfirmasi