E Retailing
E Retailing
E-tailing
merupakan kependekan dari elektronik retailing, yaitu pemanfaatan e-commerce
untuk keperluan membuat toko eceran. E-tailing atau disebut juga e-retailing,
penjualan barang eceran tanpa pertokoan. Keuntungan yang ditawarkan juga tidak
perlu diragukan, konsumen tidak perlu repot ataupun menghabiskan waktu untuk
berjalan mengunjungi pertokoan cukup menggunakan internet segala kebutuhan
dapat terpenuhi.
a. Model bisnis E Tailing
Klasifikasi E Tailing dapat didasarkan melalui macam saluran pendistribusiannya
:
1. Pemesanan / pengiriman barang / jasa
melalui pos.
2. Pemasaran online dari perusahaan
manufaktur (computer)
a. Pure-play etailers : produsen yang melakukan
penjualan melalui internet tanpa menggunakan perantara agen fisik (proses, agen,
dan produk digital)
b. Click-and-mortar retailers : menggunakan
baik proses digital maupun agen fisik.
b. Barang-barang yang biasanya
ditawarkan dalam etailing
Terdapat banyak sekali macam barang atau jasa yang ditawarkan dengan
cara e retailing yang diantaranya :
a. Travel
Konsumen dapat
mengetahui informasi tentang paket-paket perjalanan atau wisata dan dapat
memesan tiket langsung secara online
Contoh : airasia.com
b. Fashion
Konsumen dapat
mengetahui trend fashion terbaru dan dapat memesan secara online barang-barang
fashion yang diinginkan.
Contoh : www.teenvogue.com
c. Book and music
Konsumen dapat mencari
informasi tentang buku terbitan terbaru dan lagu-lagu baru yang ada. Konsumen dapat
secara online memesan buku yang diinginkan melalui toko online yang ada. Konsumen
juga bisa mendownload lagu-lagu yang diinginkan baik secara free ataupun premium
Contoh : www.gramediaonline.com dan beemp3.com
d. Software
Konsumen dapat mengetahui
pasar penjualan software yang ada dan melakukan pembelian secara online dan
downloading.
Contoh : www.microsoft.com
Terdapat 4 konsep
dasar model bisnis e-tailing yang dikemukanan oleh Calkins,yaitu :
1. Chanel Support Adalah usaha-usaha
untuk meningkatkan penjualan tambahan dengan cara memanfaatkan beberapa
pengecer yang menggunakan internet untuk mendukung distribusi yang ada.
Contoh : toko kelontong
2. Category Killer Adalah pengecer yang
menawarkan kelengkapan untuk kategori yang bersangkutan meskipun sebenarnya spesialisasinya
adalah pengencer untuk satu macam produk saja.
Contoh : Home Depot (home improvement), Toys R Us (mainan anak-anak),
dan lain-lain.
3. Auctioner , dikenal sebagai
perusahaan yang melakukan transaksi lelang online. Pedagang melakukan content (produk yang ditawarkan, informasi
rinci, dan harga penawaran)
4. Vertical portal , bisnis ini melibatkan
beberapa merchant yang memiliki modal yang sangat kuat, merk yang terkenal,
skala bisnis yang besar dan kredibilitas yang meyakinkan.
Contoh : www.pikenet.com
Komentar
Posting Komentar